Hal Penyebab Vagina Menjadi Kering

Hal Penyebab Vagina Menjadi Kering

Dalam keadaan normal, vagina akan terasa lebih basah karena terjadi lubrikasi alami ketika seorang wanita mendapat rangsangan, misalnya saat foreplay. Lubrikasi tersebut berfungsi untuk mempermudah penetrasi Mr P dan membuat daerah vagina sedikit lebih licin sehingga menurunkan risiko rasa sakit dan tak nyaman pada vagina selama hubungan intim.

Pada beberapa wanita, lubrikasi yang seharusnya terjadi pada vagina bisa menjadi hal yang sangat sulit. Foreplaysudah dilakukan, tetapi vagina tetap dalam kondisi kering, dan bila dipaksakan untuk berhubungan intim, justru rasa sakit akan dialami wanita karena daerah vagina belum terlapisi pelumas alami. Jika Anda sedang mengalami masalah ini, bisa jadi lima hal inilah yang bertanggung jawab.

1. Perubahan Hormon

Salah satu faktor utama dan paling sering yang menyebabkan vagina kering adalah penurunan kadar estrogen saat menopause, saat kehamilan atau saat masa menyusui. Pengobatan kanker dengan kemoterapi dan radiasi pada bagian panggul juga dapat menurunkan kadar estrogen dan penurunan lubrikasi vagina.

2. Obat-Obatan

Reaksi alergi pada obat yang mengandung antihistamines sama halnya seperti obat asma, memiliki efek pengering di dalam tubuh. Sehingga efek samping yang biasanya timbul adalah berkurangnya lubrikasi pada vagina.

3. Kurang Bergairah

Pada beberapa kasus, vagina yang kering dapat disebabkan karena libido wanita yang rendah atau masalah seksual dengan pasangannya. “Jika performa pasangan buruk dan sering mengalami ejakulasi dini, maka hal itu dapat membuat wanita mengalami kekeringan pada vagina,” ujar Irwin Goldstein, seorang direktur Sexual Medicine di Alvarado Hospital, California.

4. Iritasi Produk

Berhati-hatilah saat memakai produk pembersih vagina. Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka mengalami alergi dan reaksi negatif setelah memakai sabun kimia, produk yang menjanjikan kebersihan vagina, tisu khusus daerah kewanitaan dan parfum. “Banyak wanita yang mengalami alergi karena cairan pembersih dan sabun,” ujar Dr. Goldstein, “hal yang sama jua terjadi jika memakai pakaian dalam atau handuk,” Karena itu, Anda wajib mencuci pantiesdan handuk sebelum memakainya.

5. Rasa Cemas

Jangan remehkan faktor psikologi dan perubahan emosi seperti stres serta kecemasan. Hal yang tampak remeh itu bisa menjadi bencana besar pada hasrat seksual Anda dan menyebabkan kekeringan pada vagina saat lubrikasi terjadi. “Ketika seorang wanita mengalami kecemasan, hal itu berpengaruh pada aliran darah dalam tubuh, sehingga sang wanita akan mengalami kekeringan saat lubrikasim”, ujar Dr. Goldstein. Jadi, lupakan sejenak rasa cemas saat pasangan Anda sudah memberi kode untuk segera masuk ke dalam kamar. Have fun!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: